Minggu, 31 Mei 2015



BATIK GENTONGAN

Batik Madura adalah sebuah kerajinan tangan yang berasal dari Pulau Madura, yang pusat pembuatan batik tersebut berada di daerah Bangkalan yang merupakan ujung Barat Madura, sampai di pasar Sumenep. Batik Madura seakan identik dengan satu tempat istimewa, yaitu Tanjung Bumi, yang berada di Bangkalan Utara, diluar jalur utama lintas Madura yaitu berada di sisi selatan pulau Madura.
Batik gentongan merupakan salah satu masterpiece dari batik Madura. Batik ini hanya terdapat (diproduksi) di Madura, daerah Bangkalan. Batik gentongan merupakan batik yang proses pembuatannya mencapai tahunan. Proses pencantingan malamnya dilakukan berkali-kali pada dua sisi kain. Proses pewarnaannya pun memakan waktu yang cukup lama.
Pewarnaannya dilakukan dalam gentong khusus, oleh karena itu batik ini disebut Batik Gentongan (genthong: jawa, madura). Bagi Anda yang gemar dan cinta batik, Anda wajib memiliki batik yang satu ini, karena batik gentongan ini lebih awet warnanya, serta motifnya lebih indah dan rapi.
Selain itu batik gentongan juga merupakan salah satu dari sekian jenis batik khas Madura yang banyak peminatnya khususnya bagi kalangan atas karena harga batik gentongan ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga kain batik jenis lainnya. Mahalnya harga batik gentongan ini dikarenakan lamanya proses pembuatan dan tigkat kerumitannya
Tidak hanya di Pulu Madura saja, pemasaran batik gentongan ini juga sampai ke luar negeri. Banyak masyarakat yang meminati batik gentongan karena motifnya yang khas. Warnanya yang alami dan keindahan kainnya juga menjadi salah satu penyebab batik gentingan ini banyak peminatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar